Bikin Kaos Partai?? Ogah Ach...

Bookmark and Share
Jangan teresinggung dulu kalo judul artikel saya ini agak provokatif.
Memang gak semua partai dan tim sukses berlaku curang dalam berbisnis (baca: order kaos partai) dengan usaha sablon dan konveksi seperti saya ini.
Tapi yang pernah saya alami setahun yang lalu, membuat saya berpikir ulang untuk menerima order kaos untuk partai.

Mungkin hampir smua konveksi dan sablon didatangi para tim sukses caleg atopun partai. Apalagi kalo tidak untuk memesan kaos, bendera, dan beberapa atribut partai yang jumlahnya ratusan bahkan bisa sampe puluhan ribu kaos.
Memang terasa senang sekali kalo ada partai/tim sukses yang memesan kaos ke kita dengan jumlah yang sangat banyak. Tapi menurut saya, konsekuensi yang harus diterima adalah macetnya uang/bayaran dari order kaos yang udah kita bikin.

Contoh kasus, tim sukses memesan kaos dengan jumlah yang 500 buah, namun minta harga yang sangat murah dengan kualitas yang bagus. Pernah suatu saat saya dimintai harga Rp 10.000,- per kaosnya, bisa dibayangkan bagaimana kualitas kaos yang bisa saya buat untuk pemesan tadi. Padahal mencari bahan kaos kualitas bagus dengan harga rata2 produksi per kaosnya Rp 10.000,- susahnya bukan main.
Di satu sisi, keuntungan yang kita dapat cuman sedikit, karena selisihnya sangat mepet.
Kedua, imej usaha sablon 'n konveksi qt jadi menurun, karena 'cuman bisa' membuat kaos dengan kualitas yang jelek. padahal udah kita usahain nyari bahan yang agak mendingan denganharga yang mepet tersebut.

Selanjutnya, kalaupun orderan itu deal, dan kita sudah menerima pembayaran di muka (biasanya dari sananya cuman ngasi kurang dari 25% nya saja), itupun akan mengalami kesulitas saat pembayaran di akhir nanti.
Ketika kaos yang dipesan udah jadi semua sesuai jumlah pesanan, maka dari pihak memesan terkesan "sengaja menunda-nunda" pembayaran denga nberbagai alasan. Ada yang bilang duit dari pusatya belum cair lah, bank tutup lah, nunggu beberapa ahri lah, bahkan bisa jadi gak bisa bayar pelunasannya.

Akhirnya kita sendiri yang merugi. Biaya udah keluar banyak, tenaga untuk bikin udah capek, karyawan minta digaji, dan beban-beban lain yang menumpuk, tetapi kita nggak mendapatkan pelunasan ordernya.

Sedih, miris memang......

Bagi temen2 konveksi atopun yang sedang membuka konveksi, silahkan dipikirkan lagi untuk menerima order dari partai / caleg. Bukannya ingin menghambat rejeki, tapi kita harus memikirkan resiko yang bakal kita hadapi nantinya yang sudah saya sebutkan tadi.
Tapi kalo kita bisa pinter2, bisa kita cari cara/strateginya untuk mendapatkan pelunasan itu lagi. Hehe2... ntar deh tak ceritain lagi.

{ 3 komentar... Views All / Send Comment! }

NOERDDIN CREATION mengatakan... Balas Komentar

apakah jika menyablon 1 kaos saja usaha kaos akan rugi ?

Aries Sablon mengatakan... Balas Komentar

@ noerddin
Usaha kaos gak akan rugi,
Cuman, tenaga dan peralatan yang kita punya gak terbayarkan donk kalo harga sablon 1 kaosnya murah.

Anonim mengatakan... Balas Komentar

mas mau tanya tinta yang bagus untuk kaos hitam apa?
saya sudah nyoba sablon kaos, tapi kok gampang rontok. kenapa ya?
trims sebelumnya


Ketentuan Pemesanan Kaos/Produk ARIES Sablon & Konveksi :

1. Silahkan mengirim email ke kami di dhennys_as@yahoo.com kira-kira dengan format seperti berikut (bisa di copy paste):

Nama Pemesan: ...
Alamat Pemesan: ...
Spesifikasi Produk yang Dipesan: ...
Jumlah Produk yang dipesan: ...
Desain: ... (silahkan lampirkan gambar/desain corel/photoshop kaos jika ada)
Keterangan: ... (mengenai produk yang akan dipesan, baik warna, ukuran, desain, dan beberapa hal lainnya yang perlu disertakan).

2. Anda akan mendapatkan konfirmasi balasan dari kami secepatnya mengenai pengadaan bahan, warna, desain, dan prosedur pembayaran dan pengiriman.

Order Form

Kirim Email

Nama*
Alamat Email*
Subyek*
Tinggalkan Pesan*
Image Verification
Please enter the text from the image
[Refresh Image] [What's This?]