Meja Pencapan (Penyablonan)

Bookmark and Share
Meja pencapan sama pentingnya dengan pembuatan Screen (pada artikel saya sebelumnya). Tanpa meja pencapan, penyablonan tak dapat dilakukan. Karena pentingnya sama, maka sudah pasti pula meja pencapan kudu punya persyaratan tertentu.
Persyaratan tertentu itu ialah:
1. Meja terbuat dari bahan yang stabil dalam segala kebutuhan
2. ukurannya tergantung menurut kebutuhan.
3. tinggi meja disesuaikan dengan kebutuhan. Pertimbangkan posisi tubuh, tinggi badan dengan meja pencapan agar nyaman ketika menyablon.
4. Permukaan meja biasanya dilapisi dengan kaca

1. Meja terbuat dari bahan yang stabil dalam segala keadaan.
Yang dimaksud dengan bahan yang stabil adalah itu bias terbuat dari kayu yang kokoh ataupun rangka besi. Tujuaannya agar posisi/bentuk meja tidak berubah waktu basah atopun kering. Meja bisa dirakit sendiri agar sesuai dengan kebutuhan ataupun membelinya di toko2 yang menyediakan rangka besi ataupun meja seperti yang dimaksud.
Permukaan meja pencapan harus lurus dan rata agar mendapatkan hasil sablon yang baik.

2. Ukurannya tergantung menurut kebutuhan.
Ukuran panjang dan lebar dari meja pencapan diusahakan tidak lebih dari ukuran jangkauan tangan(kurang lebih satu meter). Memang ukurannya tergantung menurut kebutuhan, biasanya ukuran lebar = ½ kali ukuran panjang. Dan biasanya ukuran yang fleksibel artinya segala ukuran rangka Screen bisa diletakkan di atasnya. Misalnya ukuran 40 cm x 80 cm.
Apabila panjangnya lebih dari 1 meter, maka yang menyablonnya harus berdua, agar sablonan baik hasilnya (penyablon berhadap-hadapan).
Rangka Screen lah yang mejadi patokan dalam membuat meja pencapan. Dan ukuran rangka Screen yang terbesar dan sering kita gunakan yang menjadi ukuran dasar, biasanya.
Sebagai contoh: ukuran rangka Screen bagian luar misalnya 35 cm x 75 cm, maka ukuran luar meja dari meja pencapan adalah 40 cm x 80 cm. dan sudah pasti ukuran Screen yang lebih kecil dari ukuran meja pencapannya.

3. Tinggi meja pencapan tergantung dari kebutuhan.
Tinggi meja pencapan tergantung dari orang yang menyablon.
Untuk ukuran orang yang menyablon sambil berdiri: tinggi meja = 70 cm, bisa untuk menyablon media yang kecil2 dan besar2 ukurannya. Kalo si penyablon sendirian, ukuran jangkauan yang terjauh maksimum (pada wktu menyablon) adalah satu meter. Cara ini paling banyak dipakai dalam penyablonan karena jauh lebih cepat dan tidak melelahkan. Hasil sablon juga lebih baik, karena tekanan rakel yang mantap.

{ 2 komentar... Views All / Send Comment! }

Fikri mengatakan... Balas Komentar

Oh. Gitu.
Alhamdulillah, aku jadi tahu.

Rival Aditya mengatakan... Balas Komentar

wah mantab kawan sob infonya...


Ketentuan Pemesanan Kaos/Produk ARIES Sablon & Konveksi :

1. Silahkan mengirim email ke kami di dhennys_as@yahoo.com kira-kira dengan format seperti berikut (bisa di copy paste):

Nama Pemesan: ...
Alamat Pemesan: ...
Spesifikasi Produk yang Dipesan: ...
Jumlah Produk yang dipesan: ...
Desain: ... (silahkan lampirkan gambar/desain corel/photoshop kaos jika ada)
Keterangan: ... (mengenai produk yang akan dipesan, baik warna, ukuran, desain, dan beberapa hal lainnya yang perlu disertakan).

2. Anda akan mendapatkan konfirmasi balasan dari kami secepatnya mengenai pengadaan bahan, warna, desain, dan prosedur pembayaran dan pengiriman.

Order Form

Kirim Email

Nama*
Alamat Email*
Subyek*
Tinggalkan Pesan*
Image Verification
Please enter the text from the image
[Refresh Image] [What's This?]