Untungnya Buka Usaha Sablon

Bookmark and Share
Di artikel ini, takjelasin penghasilan yang bakal kita dapet dari usaha sablon kaos (yang manual lho,..). Bisnis sablon memang cukup menguntungkan, apalagi jaman pilkada n taon ajaran baru akhir2 ini. Orderan bakal dapet banyak, keuntungan juga bakal semakin berlipat.

SABLON KAOS.
Anggap saja kita udah memiliki usaha sablon yang cukup berkembang en dikenal di masyarakat. Kalo ada pelanggan yang pengin bikin sablon kaos partai ke tempat kita walo kita nggak bisa bikin kaos lebig baik diterima aja. Ntar pembuatan kaos partai tu kita alihin ke relasi/partner kita yang udah buka usaha konveksi. Tentunya kita kudu mengenal baek kualitas en kepercayaan partner kita itu. Setelah kaos udah diproses setengah jadi, kita baru bisa mulai menyablonnya.

Orderan sablon kaos partai misalnya sejumlah 500 buah kaos (bisa lebih banyak lho). Kalo kita masang harga Rp 1000,- per kaos (untuk sablon 3 warna dgn ukuran standar), maka kita dapet duit kotornya sebanyak Rp 500.000,-. En kalo total biaya yang kita keluarin sebanyak Rp 300.000,- (wat beli tinta sablon, setting film, uang capek, dsb), maka kita bakal dapet penghasilan bersih Rp 200.000,-.

Anggap aja rata2 per bulan kita dapet orderan nyampe 3000 buah kaos, dengan harga yang sama, maka
per bulan kita dapet duit bersih sekitar Rp 1.200.000,-!!! Hitung sendiri berapa penghasilan tahunannya!
Ya, memang siy penghasilannya gak menentu, sangat fluktuatif tergantung iklim dan cuaca (he2). Namun sebenarnya dengan usaha sablon ato wirausaha laennya duitnya lebih menguntungkan ketimbang jika kita mengandalkan dari PNS.

SABLON KARTU UNDANGAN.
Nach,..di musim kawin akhir2 ini, banyak orang yang pengin bikinin kartu undangan terbaik mereka (tergantung kocek juga tentunya). Dari milih2 model, warna, ukuran, harga, sampe konsep tulisan kartu undangannya. Beda model tentunya beda harga pula. Tapi di artikel ini biar lebih mudah menguraikannya, saya bikin dengan harga rata2 Rp 1200,- (bisa lebih en bisa kurang).

Orang bikin kartu undangan pastinya sangat banyak, bahkan bisa sampe ribuan (sodaranya banyak kaleee). Misalnya pelanggan mesan kartu undangan sebanyak 800 lembar dengan harga Rp 1.200,- maka penghasilan kotor kita yaitu Rp 960.000,-. Kalo kita udah ngeluarin biaya total Rp 500.000,- kita bakal dapet duit bersih sebanyak Rp 460.000,-. Itu aja baru sekali orderan. Kalo kita bisa punya lebih banyak pelanggan en relasi yang loyal, maka penghasilan yang kita dapet bisa lebih banyak. Maka rajin2lah berpromosi, en juga menjaga kualitas layanan + produk yang kita buat tentunya.

Selamat mencoba bisnis sablon yaa....

{ 7 komentar... Views All / Send Comment! }

doyok mengatakan... Balas Komentar

halo bung aries,,,,,
to the point sj y..... status sy saat ini masih kerja dg org lain di bidang garment... sy bercita2 punya usaha mandiri. saat ini baru mulai belajar tehnik sablon dr teman...cuman cara blended color yg rada kurang jelas. Mungkin ada cara yg lbh simple & cepat ... kl bung aries punya tehnik pencampuran warna yg simple n bila tdk keberatan tlg bagi bagi ilmunya.. misalkan warna orange muda,,,, ini campuran dari warna dasar nya gmn ? apa ada rumus2 dari pantone color ?
Sy berada di ujung pulai jawa atau banyuwangi.
thanks kalau bersedia untuk sharing...
moga usaha anda tambah maju n sukses.
Salam,
Doyok (doyok.fabric@sceindonesia.com)

Taryono mengatakan... Balas Komentar

Assalamu'alaikum,

Mas Aris, saya kepengin buka usaha sablon. namun siaat ini belum punya skill. Kalau modal si lumayan ada, tinggal skill ni mas, gmn ya mas . Apa bisa bantu saya?

fortuner mengatakan... Balas Komentar

salam mas aris...
Mas saya dalam waktu dekat saya ingin buka usaha distro dan saya ingin turut mrmproduksinya. sang mau saya tanya. apa mas bisa training saya bungkin barang seminggu atau beberapa hari(dengan komisi untuk mas aris).
kalo mas berminat bisa e-mail saya ke urlov3rme@yahoo.com

umi mengatakan... Balas Komentar

mas,aku pengen punya usaha sablon dari dlu,soalnya q liat2 koq kyaknya bisa di wujudkan,tapi saya ga punya skill maupun dasar2 nya....
apa mas mau berbagi ilmu dg saya....
saya pengen banget punya usaha sendiri tanpa menggantungkan orang tua.....
tanks,kalau mas mau berbagi ilmu
umikhubii@yahoo.com

umi mengatakan... Balas Komentar
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Aries mengatakan... Balas Komentar

@umi:
Kalo pengin belajar, bisa baca-baca artikel disini. Memang untuk saat ini saya belum menerima kursus privat sablon, baik scara online ataupun praktek di rumah.

Kalo mau tanya2 ttg sablon, silakan kirim email saja, nanti insya Allah saya balas.

Tetap smangat utk bikin usaha sablon'nya.

Jangkrik Tshirt Jogja mengatakan... Balas Komentar

Bisnis Sablon kaos memang menjanjikanm, karena makin banyak orang berpromosi dan membuat kaos sebagai salah satu media promosinya.

Nitip lapak gan :
JANGKRIK t-shirt adalah Tempat Bikin Kaos, Kemeja, Kaos Polo, Jaket, Sweater dan Jumper di Jogja.
Kunjungi website kami http://www.jangkrik-tshirt.com/ untuk pemesanan.


Ketentuan Pemesanan Kaos/Produk ARIES Sablon & Konveksi :

1. Silahkan mengirim email ke kami di dhennys_as@yahoo.com kira-kira dengan format seperti berikut (bisa di copy paste):

Nama Pemesan: ...
Alamat Pemesan: ...
Spesifikasi Produk yang Dipesan: ...
Jumlah Produk yang dipesan: ...
Desain: ... (silahkan lampirkan gambar/desain corel/photoshop kaos jika ada)
Keterangan: ... (mengenai produk yang akan dipesan, baik warna, ukuran, desain, dan beberapa hal lainnya yang perlu disertakan).

2. Anda akan mendapatkan konfirmasi balasan dari kami secepatnya mengenai pengadaan bahan, warna, desain, dan prosedur pembayaran dan pengiriman.

Order Form

Kirim Email

Nama*
Alamat Email*
Subyek*
Tinggalkan Pesan*
Image Verification
Please enter the text from the image
[Refresh Image] [What's This?]